Pengertian Harkat, Derajat Dan Martabat Manusia

Posted on
4.8 (95.14%) 37 votes

Pengertian Harkat, Derajat Dan Martabat Manusia


Berikut ini adalah pengertian dari harkat, derajat dan juga martabat pada manusia yang pelu kita ketahui penjelasannya bersama.

Hakkat

Harkat berarti nilai, barga, taraf, mum. Harkat manusia berarti nilai manusia sebagai makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang dibekali cipta, rasa, karsa, serta kewajiban asasi kemanusiaan.



Drajat

Derajat berarti tingkatan, pangkat, kedudukan. Derajat kemanusiaan berarti tingkatan, martabat, dan kedudukan manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki kemampuan kodrati, hak, dan kewajiban asasi.

Martabat

Martabat berarti kedidukan, tingkatan kemanusiaan. harga din. Martabat manusia berarti tingkatan harkat kemanusiaan dan harga din (kedudukan) manusia yang terhormat sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa,

Hak berarti kewenangan atau kekuasaan yang melekat secara mendasar pada seseorang (sesuatu yang harus diterima). Hak asasi berarti kewenangan atau kekuasaan mendasar yang melekat pada manusia sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Esa (hák dasar atau hak pokok yang dimililci manusia sejak lahir sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa). Misalnya: hak memiiki sesuatu, hak memeluk agama, hak mengeluarkan pendapat, hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan.
Sumber Pustaka: Tiga Serangkai