Utilitas (Utility) Barang Dan Jasa Dalam Konsumsi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on
4 (80%) 1 vote

Utilitas (Utility) Barang Dan Jasa Dalam Konsumsi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah prilaku konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Barang dan Jasa

Di dalam teori ekonomi, benda-benda yang dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia disebut barang. Dengan demikian, syarat utama yang harus dipenuhi oleh suatu benda untuk dapat disebut barang adalah dapat dipakai untuk memenuhj kebutuhan manusia.

Di dalam ilmu ekonomi barang dapat dibedakan berdasarkan ketersediaannya; berdasarkan daya tahannya, dan berdasarkan penggunaannya, berdasarkan hubungannya dengan barang lain, berdasarkan jaminan, dan dan proses pembuatannya.
  • Berdasarkan Ketersediaan
Berdasarkan ketersediaan barang dapat dibedakan menjadi barang ekonomi dan barang nonekonomi. Barang ekonomi adalah barang yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan dan jumlahnya terbatas. Apa saja yang termasuk barang ekonomi? Sangat banyak. Contoh sepeda yang Anda gunakan, sepatu, pakaian, jasa guru yang mengajar Anda, jasa pengacara, jasa dokter, televisi, handphone, hamburger, dan minyak tanah.



Semua barang tersebut di atas adalah barang ekonomi karena untuk memperolehnya Anda harus mengorbankan sesuatu, baik berupa uang, waktu, atau tenaga. Barang nonekonomi adalah barang yang persediaann ya melimpah dan Anda tak perlu berkorban uang, tenaga atau waktu untuk menikmatinya. Contoh sinar matahari, air sungai, dan air laut.
  • Berdasarkan hubungannya dengan barang/jasa lain
Dan hubungannya dengan barang lainnya, barang dapat dibagi menjadi barang substitusi dan komplementer.
  • Berdasarkan jaminan
Dan segi jaminan barang dapat digolongkan menjadi benda bergerak dan benda tak bergerak. Benda bergerak adalah benda yang dapat dijadikan jaminan kredit/pinjaman yang berjangka waktu pendek dan mudah dicairkan/diuangkan. Contoh emas dijadikan jaminan pinjaman di pegadaian. Benda tak bergerak adalah benda yang dapat dijadikan jaminan kredit/pinjaman yang berjangka waktu panjang dan tidak dapat diuangkan dengan segera. Contoh tanah dan gedung sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman jangka panjang.
  • Berdasarkan Proses Pembuatan
Dan proses pembuatan, barang dibagi menjadi bahan mentah, barang setengah jadi dan barangjadi. Bahan mentah adalah bahan yang dibutuhkan dalam proses produksi yang lansung diambil dari alam tanpa merubah bentuknya. Contoh jagung untuk bahan tepung maizena dan pohon untuk kayu lapis. Barang setengah jadi adalah barang yang dihasilkan untuk menghasilkan barang berikutnya. Contoh tepung maizena dibuat roti dan kayu lapis dibuat menjadi lemari. Barang jadi adalah barang yang dihasilkan dalam proses produksi dan siap pakai. Contoh roti dan lemari.
  • Berdasarkan Daya Tahan
Berdasarkan daya tahannya, barang dapat dibedakan menjadi barang tahan lama (durable goods) dan barang tak tahan lama (non durable goods).
  • Berdasarkan Penggunaannya
Berdasarkan penggunaannya, barang dapat dibagi menjadi barang konsumsi dan barang investasi.

Utilitas Barang/Jasa

Seringkali Anda memakai atau memanfaatkan suatu produk tertentu. Setiap han dalam kehidupan Anda memanfaatkan barang seperti tas, kaset, televisi, sepatu atau jasa potong rambut, dan jasa telekomunikasi. Tentu Anda tidak perlu menjawab pertanyaan, mengapa barang atau jasa tersebut Anda pakai. Karena jelas barang atau jasa berguna bagi Anda. Namun, apa saja sebenarnya bentuk-bentuk kegunaan dan suatu barang atau jasa yang sering Anda manfaatkan? Jawabnya adalah sebagai berikut.
  •  Time Utility (berguna karna waktu)
Banyak barang atau jasa berguna karena ada waktu tertentu untuk memanfaatkannya. Buku pelajaran yang Anda beli berguna saat Anda belajar di kelas, di rumah atau saat belajar bersama. Lagu favorit seperti lagu Stank, Sheila on 7 berguna saat perasaan Anda sama dengan link lagu tersebut, dan lain sebagainya.
  • Place Utility (berguna karna tempat)
Tentu Anda pernah mendengar ekspor pasir laut ke Singapura, bukan? Pasir laut yang ada di Indonesia sepertinya tidak bermanfaat, tetapi setelah dipindahkan ke Singapura pasir tersebut menjadi komoditas yang bernilai. Inilah yang dimaksud dengan place utility.
  • Form Utility (berguna karena bentuk)
Di rumah atau di sekolah Anda tentu terdapat mebel-mebel atau kursi dan kayu jati. Kayu jati yang ada di hutan akan bermanfaat setelah diubah bentuknya menjadi kursi, tempat tidur, meja, dan lainnya. Demikian juga dengan barang tambang seperr.i nikel, tembaga, dan perak akan berguna setelah diubah bentuknya menjadi alat-alat dapur.
  • Ownersheep Utility (berguna karena pemilikan)
Sepatu, buku pelajaran, atau kaset yang ada di toko akan berguna setelah hak miliknya dipindahkan kepada Anda. Tentu saja Anda harus membelinya terlebih dahulu. Dengan berpindahnya hak milik barang-baang tersebut kepada Anda, Anda dapat memanfaatkannya sesuka Anda. Inilah yang dimaksud ownersheep utility.
  • Element Utility (berguna karena unsur)
Tanah yang terdapat di Pulau Jawa terkenal subur. Kesuburan tanah ini disebabkan oleh tingginya kadar humus yang terdapat dalam tanah tersebut sehingga tanah di Pulau Jawa sangat cocok untuk pertanian. Dengan demikian unsur yang dalam tanah tersebut menyebabkan bermanfaatnya tanah tersebut.
Sumber Pustaka: Yudhistira