Prilaku Konsumen Dalam Kepuasan Terhadap Produk

Posted on
Rate this post

Prilaku Konsumen Dalam Kepuasan Terhadap Produk


Bagaimanakah perilaku konsumen dalam mengonsumsi suatu produk? Apakab Anda sangat loyal terhadap suatu produk tertentu, misalnya Coca-Cola? Mengapa Anda loyal? Apakah soft drink merek lain tidak sebaik Coca-Cola? Atau Anda hanya mengikuti trend atau ikian Coca-Cola yang menampilkan Sheila on 7?

Di dalam ilmu ekonomi, perilaku konsumen adalah suatu bagian yang dipelajari. Banyak konsumen yang sangat loyal terhadap suatu produk, misalnya obat sakit kepala Pararnex sehingga kalau tak tersedia obat itu saat mereka membutuhkan. mereka akan mencarinya sampai diketemukan. Ada juga konsumen yang tidak loyal pada merck tertentu. Asal fungsinva sama, mereka akan menggunakannya.



Tentu Anda bertanya, mengapa ada orang yang sangat loyal terhadap suatu produk tertentu?

Sebagaimana kita ketahui, tujuan utama dan konsumen dalam mengonsumsi suatu produk adalah untuk memaksimalkan kepuasan total (total utility). Kepuasan total dapat didefinisikan sebagai suatu keadaan- yang mencermjnkan kebutuhan, keinginan, dan harapan konsumen dapat terpenuhi melalui produk yang dikonsumsi.

Dengan demikian, bila seorang konsumen loyal terhadap suatu produk tertentu ia telah mempunyai persepsi dan ekspektasi terhadap produk tersebut. Artinya, di benak konsumen telah tertanam suatu perkiraan bahwa suatu produk tertentu dapat memenuhi kepuasannya.

Menurut Vincent Gasperz, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi dan ekspektasi konsumen, yaitu

Kebutuhan dan keinginan

Jika kebutuhan dan keinginan konsumen besar, maka pers├Ępsi dan ekspekstasi konsumen juga besar, demikian pula sebaliknya.

Pengalaman masa lalu

Pengalaman mengonsumsi produk yang sama atau produk Iainnya yang sama fungsinya.

Pengalaman Dari teman

Teman Anda yang pernah mengonsumsi suatu produk sebelum Anda, akan menceritakan kepada Anda kualitas produk tersebut sehingga bisa menambah atau mengurangi persepsi atau ekspekstasi Anda terhadap produk yang akan Anda konsumsi.

Komunikasi iklan dan pemasaran

Ikian dan pemasaran dapat merubah ekspektasi Anda. Mungkin saja ekspektasi Anda terhadap produk Es Teller 77 meningkat karena ada bintang sinetron kegemaran Anda yang menjadi bintang iklannya.
Sumber Pustaka: Yudhistira