Peran Pelaku Ekonomi Rumah Tangga Dalam Permasalahan Ekonomi

Posted on
Rate this post

Peran Pelaku Ekonomi Rumah Tangga


Rumah tangga adalah kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya sendiri ataupun keluarganya. Rumah tangga adalah kelompok masyarakat sebagai pemilik faktor-faktor produksi (tanah, tenaga, kerja, modal, dan wirausaha).

Untuk dapat melaksanakan kegiatan konsumsinya, setiap individu/rumah tangga harus memiliki pendapatan. Bagaimana dan dan mana rumah tangga memperoleh pendapatan agar kegiatan konsumsi dapat terlaksana?



Pendapatan rumah tangga dapat diperoleh dan perusahaan dengan cara sebagai berikut.
  1. Sewa (rent), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah menyewakan tanahnya kepada pihak lain, misalnya perusahaan
  2. Upah (wage), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga karena telah mengorbankan tenaganya untuk bekerja pada perusahaan dalam kegiatan produksi.
  3. Bunga (interest), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dan perusahaan karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi.
  4. Laba (profit), yaitu balas jasa yang diterima rumah tangga dan rumah tangga produsen karena telah mengorbankan tenaga dan pikirannya mengelola perusahaan sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.
Dengan pendapatan yang diperolehnya, rumah tangga dapat memperoleh/membeli barang dan jasa yang dibutuhkan dan perusahaan sehingga kegiatan konsumsi dapat terlaksana. Dengan memperhatikan kegiatan tersebut di atas maka terlihat disini bahwa adanya interaksi rumah tangga dengan perusahaan yang menyebabkan terjadinya aliran arus uang dan arus barang/jasa. Dan kegiatan tersebut dapat dapat kita lihat peranan rumah tangga konsumen sebagai berikut.
  • Rumah tangga berperan sebagai pemasok fakto-faktor produksi kepada perusahaan untuk kegiatan produksi.
  • Rumah tangga berperan sehagai pemakai (konsumen) barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
 Sumber Pustaka: Yudhistira