Peran Pelaku Ekonomi Pemerintah Dalam Permasalahan Ekonomi

Posted on
Rate this post

Peran Pelaku Ekonomi Pemerintah Dalam Permasalahan Ekonomi

Pemerintah merupakan pihak yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Di dalam perekonomian pemerintah bertugas untuk mengatur, mengendalikan serta mengadakan kontrol terhadap jalannya roda perekonomian agar negara bisa maju dan rakyat dapat hidup dengan layak dan damai.

Peran Pemeritah Sebagai Pengatur

Pengaturan kegiatan ekonomi oleh pemerintah dapat ditempuh melalui peraturan dan perundang-undangan disertai berbagai tindakan nyata. Pemerintah dapat melaksanakannya sebab memiliki alat-alat untuk melaksanakannya, baik alat pengendali, alat pengatur maupun alat pemaksa.

Peranan Pemerintah Sengai Pengontrol

Sebagai pengontrol kegiatan ekonomi pemerintah mempunyai bank sentral yang berfungsi mengawasi lalu lintas keuangan antara lain jumlah uang yang beredar, tinggi-rendahnya suku bunga, lalu lintas kredit dan sebagainya. Pemerintah juga satu-satunya yang mempunyai hak untuk mencetak uang serta mengedarkannya di masyarakat.



Peranan pemerintah sehagai penguasa

  1. Pemerintah memiliki alat pemaksa bagi terselenggaranya ketertiban di dalam masyarakat, yaitu polisi.
  2. Pemerintah memiliki alat peradilan bagi terselenggaranya keadilan bagi seluruh rakyat.
BACA JUGA  Syarat-Syarat Pemungutan Pajak

Peranan Pemerintah Sebagai Konsumen

Untuk menjalankan tugasnya pemerintah memerlukan berbagai macam barang dan jasa, misalnya untuk kegiatan administrasi diperlukan peralatan kantor dan alat-alat tulis, untuk transportasi diperlukan kendaraan, dan banyak lagi kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Peranan Pemerintah Sebagai Produsen/investor

  1. Pemerintah dapat bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak. Kegiatan mi dilakukan melalui BUMN, dan BUMD.
  2. Pemerintah bertindak sebagai investor dimana pemerintah sebagai penanam modal baik seluruhnya atau sebagian pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.
Sumber Pustaka: Yudhistira