Pengertian Penawaran, Penawaran Individu Dan Pasar Dalam Ilmu Ekonomi

Posted on
Rate this post

Pengertian Penawaran Dalam Ilmu Ekonomi


Bila kita perhatikan barang yang telah selesai diproduksi, selanjutnya didistribusikan kepada konsumen. Pada awalnya, bila dagangan ingin laku penjual dengan cara apapun datang kepada konsumen untuk menawarkan barangnya. Penawaran suatu barang berasal dan pihak produsen. Dengan demikian, penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual (produsen) pada berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu (per hari, per minggu, per bulan, per tahun).

Penawaran Individu Dan Penawaran Pasar

Seperti halnya permintaan, penawaranpun memiliki penawaran individu (per produsen) dan penawaran pasar. Penawaran pasar merupakan penjumlahan penawaran individu. Perhatikanlah peraga berikut!

Dari peraga tersebut dapat diketahui bahwa jumlah yang ditawarkan masing-masing produsen berbeda-beda. Apa yang menentukan penawaran oleh suatu produsen tertentu, misalnya penawaran jeruk oleh petani? Jawabnya adalah sebagai berikut.


  • Harga
BACA JUGA  Faktor Yang Mempengarhui Pebangunan Dan Pertumbahan Ekonomi Negara Berkembang
Ketika harga tomat tinggi, petani akan meningkatkan jumlah produksinya sehingga kuantitas yang ditawarkan akan naik. Demikian pula sebaliknya, jika harga turun petani akan mengurangi produksinya.

  • Harga Input (faktor produksi)

Untuk menghasilkan tomat, petani menggunakan berbagai input seperti tanah, tenaga kerja, modal, dan pupuk. Jika salah satu atau seluruh input ini mengalami kenaikan, petani akan mengurangi produksi dan menawarkan lebih sedikit tomat. Bahkan jika 4iarga-harga input tersebut talc bisa dijangkau lagi oleh petani, maka produksi tomat pun akan dihentikan.
  • Teknologi
Teknologi yang digunakan juga mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Misalnya, petani menemukan teknologi baru dalam memproduksi tomat sehingga bisa meningkatkan basil panen sebanyak dua kali lipat. Tentu saja meningkatkan penawaran.
  • Ekspekstasi produser
BACA JUGA  Penalaran Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi
Jika petani memperkirakan harga tomat akan turun akhir tahun ini, dengan sendirinya petani akan mengurangi produksinya sehingga mengurangi penawaran. Penawaran di pasar dapat digambarkan dalam tabel dan grafik seperti terlihat pada peraga berikut:



Kurva penawaran bergerak dan kin bawah ke kanan atas, atau sebaliknya dan kanan atas ke kin bawah. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus atau searah (positif).
Sumber Pustaka: Yudhistira