Masyarakat Luar Negeri Sebagai Peran Pelaku Ekonomi

Posted on
Rate this post

Masyarakat Luar Negeri Sebagai Peran Pelaku Ekonomi


Berikut ini merupakan peranan masyarakat luar negeri terhadap perekonomian Indonesia.

Masyarakat Luar Negri  Sebagai Konsumen

Masyarakat luar negeri dapat berperan sebagai konsumen dan produk barang/jasa yang dihasilkan,yaitu dengan mengekspor barang/jasa tersebut ke negara mereka. Bila kita lihat, banyak komoditas ekspor Indonesia yang di jual di luar negeri, seperti karet, tembakau, minyak bumi dan gas, dan lain-lain. Penjualan komoditas ekspor tersebut akan mendatangkan devisa bagi Negara dan secara cidak langsung akan berdampak positif bagi masyarakat, yaitu dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.


Masyarakat Luar Negeri Sebagai Produsen

Selain sebagai konsumen, masyarakat luar negeri dapat juga bertindak sebagai produsen. Artinya, produk barang/jasa yang mereka hasilkan dapat kita konsumsi dengan cara mengimpornya. Dengan demikian, masyarakat E,erkesempatan menikmati produk-produk yang bermutu tinggi yang belum dapat dihasilkan di dalam negeri.

Masyarakat Luar Negeri Sebagai Investor

Dalam perkembangannya, pembangunan suatu bangsa membutuhkan adanya pelaku-pelaku yang berani menanamkan modalnya, baik berupa penanaman langsung ataupun tidak langsung. Investor-investor itu banyak berasal dan luar negeri karena pada umumnya mereka banyak mempunyai dana dan lebih maju terlebih dahulu.

Sumber Tenaga Kerja Ahli

Negara maju banyak memiliki tanaga ahli yang sangat dibutuhkan negara lain. Dengan demikian, negera lain (luar negeri) dapat memenuhi kekurangan tnaga kerja di dalam negeri.
Sumber Pustaka: Yudhistira