Manfaat Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi Bagi Pemerintah

Posted on
1.5 (30%) 2 votes

Manfaat Diagram Interaksi Pelaku Ekonomi Bagi Pemerintah


Bila dipelajari dengan seksama diagram interaksi pelaku-pelaku ekonomi baik, interaksi antara rumah tangga dengan perusahaan, rumah tangga dengan pemerintah, rumah tangga, dengan luar negeri, perusahaan dengan pemerintah, perusahaan dengan luar negeri, maupun pemerintah dengan luar negeri maka sebenarnya banyak manfaat yang diperoleh oleh masing-masing pelaku ekonomi. Dari gambaran pelaku ekonomi nasional, pemerintah adalah agent of development dalam menjalankan fungsinya terutama dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Manfaat yang dapat diperoleh oleh pemerintah dengan mempelajari diagram interaksi pelaku ekonomi tersebut adalah sebagai berikut.


  1. Sebagai media bagi pemerintah dengan menganalisis aliran arus uang dan arus barang dalam kegiatan ekonomi nasional agar kebijakan yang hendak ditempuh dalam stabilitas ekonomi nasional mudah dikendalikan.
  2. Sebagai alat bantu bagi pemerintah dalam mengawasi dan megatur kebutuhan akan barang dalam mengawasi dan mengatur kebutuhan akan barang dalam negeri dengan arus barang/uang dan luar negeri (ekspor, impor).
  3. Untuk menentukan pola pembangunan nasional.
  4. Mengetahui perhitungan dan distribusi pendapatan dan produk nasional, perhitungan pendapatan nasional dan RAPBN termasuk kebijakan-kebijakannya.
  5. Mengetahui gambaran tentang arus investasi dan dana pembangunan dan dalam atau luar negeri (swasta nasional/swasta asing)
  6. Pengawasan devisa negara terhadap neraca pembayaran luar negeri.
  7. Mengetahui hak-hak dan kewajiban-kewajiban negara terhadap pelaku-pelaku konomi lainnya.
  8. Mencari bentuk/struktur ekonomi nasional dengan perkembangan globalisasi ekonomi.
  9. Mengetahui sumber-sumber penerimaan Negara terutama yang berasal dan pajak.
  10. Menjalin hubungan kerja sama internasional dengan negara lain.
Banyak manfaat yang dapat kita tank dengan mempelajari diagram interaiksi pelaku-pelaku ekonomi di atas. Manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi bagi masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai media untuk mengetahui sumber-sumber produk barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Sebagai mediator untuk mengetahui pekerjaan apa saja yang dapat dilakukan masyarakat untuk memperoleh penghasilan berupa uang (sewa, upah, bunga atau bagian laba perusahaan).
  3. Sebagai media untuk mengetahui hak dan kewajiban masyarakat terhadap pelaku ekonomi lainnya terurama kepada negara dan bangsa.
  4. Untuk mengetahui sumber-penghasil produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dan menawarkan faktor-faktor produksi yang dimilikinya baik di dalam negeri maupun ke luar negeri.
 Sumber Pustaka: Yudhistira