Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Harga Dari Penawaran

Posted on
Rate this post

Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Harga Dari Penawaran

Berikut ini adalah faktor yang dapat mempengaruhi elastisitas harga dari penawaran.

Waktu

Yang dimaksud waktu di sini adlah kesempatan produsen/penjual untuk menambah jumlah produksi. Waktu daoat dibedakan menajdi tiga sebagai berikut.

Jangka waktu sangat pendek

Produsen tidak dapat menambah barang dalam waktu yang sangat pendek, karena penawaran tergantung persediaannya (harus menunggu masa panen lagi), seperti produksi di bidang pertanian seperti sayur-mayur dan buah-buahan. Waktu dalam beberapa han saja ± 40 han menyebabkan penawaran bersifat inelastis.


  • Jangka Pendek
Produsen masih sempat dapat menambah produksi barang yang ditawarkan walaupun tidak dapat memperbesar kapasitas produksi yang ada seperti bangunan, mesin-mesin, tetapi dengan cara bekerja lebih lama dan waktu sebelumnya atau penambahan bahan baku sehingga produksi dapat ditambah. Penawaran dalam waktu ini bisa elastis bisa inelastis.

  • Jangka Pendek
Industri yang beroperasi di bawah kapasitas optimal cenderung membuat kurva penawaran elastis.

  • Jangka Panjang
Penawaran bersifat elastis karena produsen mempunyai banyak kesempatan untuk memperluas kapasitas produksi (areal pertanian, mesin-mesin, pabrik baru, dan tenaga ahli). Mekin lama waktu makin elastis.

Daya Tahan Produk

Produk-produk hasil pertanian seperti sayuran dan buah-buahan yang memiliki mudah busuk, pecah, dan layu. Produk semacam ini penawarannya cenderung inelastis. Akan tetapi, produk-produk dengan daya tahan lebih lama seperti kulkas, mesin jahit, dan kompor gas cenderung lebih elastis.

Kapasitas Produksi

Industri yang beroperasi dibawah kapasitas optimal cenderng membuat kurva penawaran elastis
Sumber Pustaka: Yudhistira