Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Harga Dari Permintaan

Posted on
Rate this post

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Harga Dari Permintaan


Jika kita ambil kesimpulan dan uraian di atas, ternyata barang/ jasa tertentu tidak memiliki elastisitas yang sama. Apa yang menyebabkan hal tersebut? Mengapa ada barang/jasa tertentu yang permintaannya elastis, inelastis atau elastis sempurna? Jawaban dan pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut.

Ketersediaan barang substitusi

Ketersediaan barang substitusi atas suatu barang dan juga semakin tinggi tingkat kemampuannya mensubstitusi, maka permintaan barang tersebut semakin elastis.



Intensitas kebutuhan (desakan kebutuhan)

Kebutuhan pokok bersifat inelastis. Artinya, semakin penting kebutuhan pokok itu semakin inelastis permintaannya. Artinya, meskipun harga naik masyarakat tetap membutuhkan dan tetap akan membelinya. Sebaliknya, barang mewah lebih bersifat elastis, karena tidak mesti diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan pembeliannya dapat ditunda dan jumlah pembeli banyak seandainya harga turun.

Pendapatan konsumen

Jika pendapatan konsumen relatifbesar bila dibandingkan dengan harga barang, maka permintaan akan inelastis, sebaliknya konsumen yang berpendapatan kecil dengan terjadinya perubahan harga sedikit saja akan mempengaruhi permintaannya terhadap barang sehingga permintaan bersifat elastis.

Tradisi

Barang yang sudah menjadi kebiasaan (tradisi) untuk dipergunakan, barang tersebut harganya naik, orang akan tetap membelinya sehingga untuk barang mi permintaannya cenderung inelastis.
Sumber Pustaka: Yudhistira