Definisi Hukum Permintaan Dalam Ilmu Ekonomi Dan Efeknya

Posted on
Rate this post

Hukum Permintaan Dalam Ilmu Ekonomi


Hukum permintaan menjelaskan hubungan antara perubahan harga terhadap perubahan barang yang diminta. Hukum permintaan menyatakan bahwa antara harga dan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik. Artinya, bila harga naik akan menyebabkan jumlah barang yang diminta akan turun, dan sebaliknya bila harga turun akan menyebabkan jumlah barang yang diminta naik, dengan syarat ceteris pan bus.

Hukum permintaan dapat diterangkan dengan melihat dua hal berikut ini.



Efek pendapatan dari perubahan harga

Jika harga Coca-Cola botol kecil turun menjadi Rp500,00 per botol, Anda yang mengonsumsi Coca-Cola satu botol kecil sehari secara pasti dapat meningkatkan konsumsinya, misalnya menjadi 2,3 atau 4 botol sehari. Kenapa demikian? Jawabnya adalah karena dengan jumlah pendapatan atau uang saku yang sama misalnya Rp5.000,00/hari, Anda bisa lebih banyak membeli Coca-Cola. Hal inilah yang dimaksud dengan efek pendapatan dan perubahan harga.

Efek substitusi dan perubahan harga

Hukum permintaan mensyaratkan hal-hal lain konstan (ceteris pan bus). Dengan demikian, jika harga Coca-Cola botol kecil turun menjadi Rp500,00 dan harga barang lain tidak berubah maka harga Coca-Cola menjadi relatiflebih murah. Anda tentu mau membeli Coca-Cola yang murah tersebut. Demikian pula sebaliknya, jika harga Coca-Cola botol kecil naik menjadi Rpl.500,00 per botol, sementara harga barang lain tetap. Harga Coca-Cola relatiflebih mahal. Anda tentu mengurangi konsumsi Coca-Cola karena harganya lebih mahal dan menggantinya dengan barang lain yang harganya lebih murah sebagai penggantinya. Hal inilah yang disebut efek substitusi dan perubahan harga.
Sumber Pustaka: Yudhistira