Barang Dan Jasa Dalam Kelangkaan (Scarcity) Ekonomi

Posted on
Rate this post

Barang Dan Jasa Dalam Kelangkaan (Scarcity) Ekonomi


Barang dan jasa dihasilkan dan penggabungan beberapa faktor produksi. Tentu Anda dapat membedakan barang dengan jasa, bukan? Buku pelajaran yang tengah Anda baca adalah barang. Kaset grup band favorit seperti Dewa, Padi, atau Slank adalah barang. Sepatu, pakaian, hand phone, dan televisi juga barang. Tanpa dituliskan pun Anda sudah tahu ciri-ciri barang, bukan?


Jasa tak dapatAnda sentuh. Konser Atas Nama Cinta-nya Dewa adalah jasa. Bioskop yang memutar film bagi Anda adalah jasa. Pengacara atau tukang potong rambut memberikan jasa. Cirinya sangat jelas dan Anda tentu dapat membedakannya dengan barang.

Jumlah barang dan jasa yang dihasilkan terbatas. Jika Negara Indonesia memilih memproduksi senjata, maka barang lainnya harus dikorbankan atau paling tidak dikurangi jumlahnya. Hal ini menandakan kelangkaan barang dan jasa.

Dan uraian di atas, terlihat jelas bahwa sumber daya sangat terbatas sehingga barang dan jasa dihasilkan juga terbatas. Sementara, keinginan manusia tidak terbatas. Semua orang ingin memiliki mobil, semua orang irigin memenuhi segala keinginan. Akan tetapi, mampukah mereka? Tentu saja tidak.
Sumber Pustaka: Yudhistira