4 Tokoh Pemikir Teori Ekonomi Pada Aliran Historis

Posted on
Rate this post

4 Tokoh Pemikir Teori Ekonomi Pada Aliran Historis

Berikut ini adalah tokoh-tokoh pemikir teori ekonomi Aliran Historis yang perlu kita ketahui.

Friedrich List

Friedrich List meninjau perkembangan perekonomian berdasarkan cara masyarakat berproduksi. Oleh karena itu, setiap masyarakat pada umumnya melewati tahap-tahap sejarah, yaitu:
  1. masa berburu dan mengembara;
  2. masa beternak dan bertani;
  3. masa pertanian dan kerajinan;
  4. masa kerajinan, industri, dan perniagaan.

Karl Bucher

Menurut Karl Bucher, perkembangan ekonomi didasarkan pada jarak yang ditempuh oleh alat pemuas kebutuhan, yaitu mulai dan produsen sampai ke konsumen. Dia juga berpendapat bahwa masyarakat merupakan satu kesatuan rumah tangga, baik rumah tangga konsumen maupun rumah tangga produsen. Bucher membagi perkembangan ekonomi atas beberapa tahap, yaitu:
  1. rumah tangga tertutup;
  2. rumah tangga kota;
  3. rumah tangga kemasyarakatan;
  4. rumah tangga dunia.

Bruno Hildebrand

Bruno Hildebrand sangat menekankan bahwa penelitian ekonomi harus ditunjang oleh data statistik empiris. Dan hash penelitiannya Hildebrand mengajukan suatu proses evolusi dan kelompok masyarakat dalam melakukan tukar-menukar dan berdagang. Kelompok-kelompok masyarakat tersebut akan melalui tahapan evolusi berikut ini:
  1. cara tukar innatura atau barter;
  2. cara tukar dengan perantara uang;
  3. cara tukar dengan kredit.
Karena shfatnya yang deskriptif dan hanya menjelaskan fenomenaf enomena perekonomian, Hildebrand dianggap tidak memiliki suatu teori perekonomian yang khusus.

Werner Sombart

Werner Sombart dikenal karena penelitiannya tentang tahapan perkemb angan kapitalisme. Penelitiannya itu menyatakan bahwa pertumbuhan masyarakat kapitalis sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan masyarakat. Tahapan perkembangan kapitalisme itu adalah:
  1. tingkat prakapitalisme,
  2. tingkat kapitalisme menengah,
  3. tingkat kapitalisme tinggi,
  4. tingkat kapitalisme akhir.
Sumber Pustaka: Bumi aksara