Berperan Serta Dalam Kegiatan Pemerintahan Di Lingkungan

Posted on
Rate this post

Berperan Serta Dalam Kegiatan Pemerintahan Di Lingkungan


Semangat kekeluargaan, kegotongroyongan, kebersamaan, dan musyawarah untuk mufakat sebagai cerminan Demokrasi Pancasila hendaknya selalu kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Semangat tersebut dapat diterapkan di berbagai lingkungan sosial, mulai yang terkecil yaitu keluarga, sekolah, masyarakat serta bangsa dan negara.

Semangat kekeluargaan berasal dan lingkungan keluarga. Di lingkungan inilah benih-benih kasih sayang, saling menghargai, bekerja sama secara kompak, sehingga sebuah kekeluargaari akan menjadi harmonis. Semangat tersebut merupakan bekal yang sangat berharga untuk memasuki lingkungan yang lebih luas, yakni masyarakat. Sebagai wujud penegakkan kedaulatan dalam lingkungan keluarga, kita hendaknya mematuhi sebuah peraturan yang berlaku.

Tidak mengotori rumah, tidak memutar kaset dengan volume suara yang besar yang mengakibatkan terganggunya waktu istirahat anggota keluarga yang lain, hormat kepada seluruh anggota keluarga, merupakan contoh perilaku menegakkan kedaulatan di lingkungan keluarga, sehingga keluarga menjadi harmonis.



Dalam lingkungan sekolah antara lain kita dapat memusyawar ahkan rencana mengisi waktu liburan bersama, memilih pengurus kelas, pengurus OSIS, regu piket kelas, dan sebagainya. Sekolah merupakan wadah terbaik untuk belajar berpartisipasi dalam pemerintahan. Dalam lingkup yang terbatas, praktek kehidupan kenegaraan terjadi di sekolah. Pemilihan pengurus kelas dapat dianggap sebagai pemilu, membayar iuran sekolah dapat dibandingkan dengan membayar pajak, dan sebagainya.

Dalam kehidupan di masyarakat banyak sekali bentuk partisipasi yang dapat dilakukan. Kita bergotong royong dengan warga lain untuk membersihkan lingkungan, menjaga keamanan lingkungan, berpartisipasi dalam kegiatan karang taruna, dan memperingati han besar nasional di lingkungan RT/RW/kelurahan semua itu merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan warga terhadap lingkungannya.

Dalam kehidupan bernegara, kita dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku, memberikan informasi yang dibutuhkan pemerintah dengan baik dan benar, ikut menjaga agar fasilitas umum. seperti telepon umum, shelter, gedung sekolah, jalan, jembatan. dan lain-lain yang disediakan pemerintah maupun pihak swasta tidak cepat rusak atau kotor.
Sumber Pustaka: Yudhistira