Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Yang Lebih Luas Dari Ilmu Sosial

Posted on
Rate this post

Ruang Lingkup Kajian Sosiologi


Tidak banyak ilmuwan yang mempelajari bidang yang lebih beraneka dengan cara yang sangat bervariasi seperti sosiologi. Seorang sosiolog mungkin mengkaji laporan sensus untuk mengetahui ke arah mana orang Indonesia bergerak, dan pada umur berapa kebanyakan masyarakat Indonesia sudah mulai bekerja. Atau mempelajari gerak sosial barn sebagai pengamat peserta.

Hampir semua gejala sosial, baik di kota maupun di desa, merupakan ruang kajian yang cocok untuk sosiologi asal mempergunakan prosedur ilmiah. Ruang lingkup sosiologi lebih luas dan ilmu sosial lainnya karena mencakup semua interaksi yang berlangsung antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, serta kelompok dengan kelompok dalam lingkungan masyarakat.



Kajian Dalam Sosioilogi

Sosiologi mengkaji beberapa hal, di antaranya:
  1. Ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berkaitan dengan produksi, distribusi, dan penggunaan sumber-sumber kekayaan alam;
  2. Masalah kewenangan, yaitu pihak-pihak yang membuat kebijakan, berkaitan dengan apa yang dialami warganya;
  3. Persoalan sejarah, yaitu dengan catatan kronologis, misalnya usaha dan kegiatan manusia beserta prestasinya yang terdokumentasikan. Sosiologi mempersatukan data yang beragam dan beberapa ilmu pengetahuan lain sehagai dasar pengertiannya.

Dengan demikian, sosiologi dapat dihubungkan dengan kejadiank ejadian sejarah, sepanjang kejadian itu memberi keterangan beserta uraian tentang proses kelangsungan hidup kelompok-kelompok, atau beberapa peristiwa dalam perjalanan sej arah dan kelompok-kelompok manusia. Sebagai contoh, riwayat suatu kelembagaan dapat dipelajari sehubungan dengan penyingkapan faktor-faktor. prinsip-prinsip, dan keanekaragarnan hubungan yang meliputi kejadian dan riwayat lembaga tersebut.

Sosiologi mempertimbangkan keseluruhan lingkungan dan kebiasaan manusia, sepanjang kenyataan yang ada dalam kehidupan mempengaruhi pengalaman yang dirasakan manusia, serta proses-proses dalam kehidupan kelompoknya. Selama kelompok itu hidup, selama itu pula akan terlihat hentuk-bentuk, cara-cara, standar, mekanisme, masalah-masalah, dan perkembangan sifat kelompok tersebut. Semua fakta mi mempengaruhi hubungan antarmanusia dan berpengaruh besar terhadap analisis sosiologi.

Sumber Pustaka: Bumi Aksara