Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Posted on
Rate this post

Pengertian Sejarah


Begitu mendengar kata sejarah, kita teringat kepada peristiwa-peristiira dan kisah-kisah yang terjadi pada masa lampau. Apa sebenarnya sejarah itu? Kata sejarah berasal dari bahasa Arab yang berarti pohon kata ini kemudian berkembang artinya menjadi akar, keturunan, asal-usul, riwayat, dan silsilah. Apabila kita melihat gambar silsilah keluarga raja-raja pada masa lalu akan nampaki menyerupai pohon. Kata sejarah diserap ke dalam Bahasa Melayu pada abad ke-13. Akan tetapi, di dalam bahasa Arab sendiri ilmu yang mempelajari kisah-kisah pada masa lalu disebut ‘tarikh’.

Dalam bahasa Inggris kata sejarah dikenal dengan sebutan history, yang berasal dari bahasa Yunani ‘isoria’ yang berarti ilmu. Dalam perkembangannya Istoria diperuntukkan bagi pengkajian terhadap segala sesuatu mengenai mantsia. Secara Kronnologis. Dalam bahasa Jerman kata sejarah disebut dengan ‘geschichte yang berarti sesuatu yang telah terjadi.

Para ahli sejarah memberikan pengertian atau definisi yang bermacam-macam tentang sejarah, walaupun pada hakikatnya hampir sama. Beberapa pengertian sejarah dari ahli-ahli seiarah antara lain sebagai berikut.


Herodotus (484 – 425 SM)

“Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan pasti’ melainkan bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia”. Herodotus dikenal sebagain sejarawan pertama dunia berkebangsaan Yunani. Oleh karena itu, ia mendapat julukan “The Father of History” atau Bapak Ilmu Sejarah.

Ibnu Khaldun (1332 – 1406)

Dalam bukunya yang berjudul “Mukadimah”, la mendefinisikan sejarah adalah “catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat itu”‘

W.J.S. Poerwadarminta

Dalam bukunya berjudul “Kamus Umum Bahasa Indonesia”, Ia mengutarakan tiga pengertian sejarah sebagai berikut.

  • Kesusasteraan lama, silsilah, asal-usul.
  • Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa
  • lampau.
  • Ilmu Pengetahuan, cerita pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.


R. Moh. Ali

Dalam bukunya “Pengantar Ilmu Sejarah”, Indonesia ia menegaskan kata sejarah mengandung arti sebagai berikut.
  • Sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa – peristiwa dalam kenyataan sekitar kita.
  • Cerita tentang perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa-peristiwa yang merupakan realitas tersebut.
  • Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas tersebut.

Berdasarkan beberapa pengertian dari para ahli sejarah tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum pengertian sejarah adalah sebagai berikut.

  1. Peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.
  2. Cerita atau kisah atau catatan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peningalan-peninggalan atau sumber-sumber sejarah.
  3. Ilmu yang mcmpelajari peristiwa-peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Sumber Pustaka: Yudhistira