Jenis – Jenis Sejarah Di Dunia Dan Indonesia Beserta Contohnya

Posted on
Rate this post

Jenis – Jenis Sejarah


Sebagai ilmu yang mempelajari penistiwa-peristiwa yang benar- enar terjadi pada masa lampau atau kisah tentang penistiwa pada nasa lampau, maka bidang yang dikaji oleh sejarah sangatlah luas. 3:dang kajian sejarah dapat mencakup seluruh aspek kehidupan rrasyarakat dan berbagai penjuru dunia. Oleh karena itu, sejarah .apat dibagi menjadi beberapa jenis antara lain berdasarkan cakupan :ilayah pembahasan, tingkat kekunoan, tema, dan wilayah kajian. Contohnya berdasarkan cakupan wilayahnya terdiri atas Sejarah Dunia, Sejarah Nasional, dan Sejarah Lokal. Untuk lebih jelasnya .rhatikanlah tabel berikut.



Berikut ini penjelasan mengenai pengertian dan beberapa jenis sejarah.

Sejarah Dunia

Telah kita ketahui bahwa perkembangan dunia dewasa mi sangat pesat sehingga sukar bagi seseorang untuk mengikuti secara terus menerus. Di antara kejadian-kejadian itu terdapat peristiwap eristiwa penting dan kurang penting. Peristiwa-peristiwa yang dianggap penting kemudian dicatat sebagai kejadian yang bersejarah dan secara cepat tersiar ke seluruh dunia. Di samping itu seringkali peristiwa-peristiwa yang terjadi pada suatu negara, erat kaitannya dengan peristiwa yang terjadi pada belahan bumi yang lain. Untuk itulah mempelajari sejarah dunia, juga penting artinya untuk memahami sejarah nasional suatu bangsa. Sebagai contoh kedatangan Herman Willem Daendels sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda, tidak lepas dan pendudukan Perancis (Napoleon Bonaparte) terhadap negeri Belanda di Eropa.

Sejarah Nasional Jndonesia

Pengertian tentang Sejarah Indonesia sebenarnya baru terdapat sejak tahun 1942. Sebelum itu pengajaran sejaràh di Indonesia masih menggunakan istilah atau Sejarah Hindia Belanda. Materi Sejarah Hindia tentu saja lebih banyak berorientasi pada kepentingan politik penjafah yang banyak menceritakan sejarah bangsa Belanda di Indonesia sejak tahun 1600. Tahun-tahun sebelumnya dianggap oleh Belanda sebagai suatu pendahuluan singkat dan cerita Belanda di Indonesia.

Dengan runtuhnya pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1942, pengajaran sejarah di Indonesia mengalarni masa baru. Hampir semua buku atau diktat yang diterbitkan pada masa itu menggunakan istilah Sejarah Indonesia, Sejarah Tanah Air, Sejarah Kebangsaan, Sejarah Nasional, Sejarah Nusantara, dan lain sebagainya. Dalam perubahan mi yang terpenting adalah perubahan pembabakan waktu atau periodisasi, misalnya terdapat istilah Zaman Penjajahan VOC (1602-799), Zaman Kemerdekaan, dan lain-lain. Para penyusun sejarah Indonesia berlomba-lomba agar materi sejarah yang disajikannya akan sanggup menempa pembacanya menjadi warga negara yang memiliki sifat kebangsaan. Itu semua dilukiskan dengan adanya penggambaran perjuangan yang patriotik dan bangsa Indonesia terhadap usaha-usaha bangsa lain untuk merongrong kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, pengajaran sejarah Indonesia oleh guru-guru sejarah menjadi sangat penting.

Sejarah Kebudayaan Indonesia

Sejarah Kebudayaan objeknya meliputi artefak, peninggalan bangunan, ornamen, tulisan, dan seni sastra. Pemaparannya berdasarkan periode sejarah. Misalnya sejarah kebudayaan masa Hindu-Budha, Islam, dan pengaruh Barat.

Sumber Pustaka: Yudhistira