Fungsi Sosiologi Dalam Penelitian Dan Metodenya

Posted on
Rate this post

Fungsi Sosiologi Dalam Penelitian


Metode-metode penelitian yang dimiliki sosiologi dapat diterapkn pada hampir semua aspek kehidupan manusia, terutama aspek yang berhubungan dengan interaksi antarindividu dalam kelompok sosiologi yang disajikan senantiasa diperoleh melalui metode-metode ilmiah yang sudah teruji dan tidak diragukan manfaatnya. Sosiologi secara kategoris ternyata tidak lebih rendah daripada ilmu-ilmu lainnya. Oleh karena itu, para ahli sosiologi banyak yang dilibatkan dalam bidang telaah ilmiah, khususnya sebagai pencari data. Para ahli sosiologi banyak yang dilibatkan untuk duduk dalarn berbagai jabatan, seperti bidang personalia, hubungan kerja atau hubungan perburuhan, dan pencemaran lingkungan.

Akhir-akhir ini, dengan corak kehidupan sosial yang kompleks dan rumit, keahlian dalam bidang penelitian sosiologis sangat dibutuhkan. Metode-metode penelitian sosiologi relative sama dengan metode-metode penelitian yang digunakan disiplin ilmu yang lain. Perbedaan yang utama adalah bahwa penelitian sosiologis lebih mengutamakan basil nyata yang objektif,  bebas dari kecenderungan penilaian baik dan buruk, di samping berusaha menghindar dan kepentingan kepentingan subjektif berikut.


  1. Pemahaman terhadap simbol-simbol, kata-kata, atau kode-kode, dan berbagai istilah sebagai objek penelitian empiris.
  2. Pemahaman terhadap teori-teori sosiologi yang memandang pola tingkah laku manusia dalam masyarakat dapat diramalkan.
  3. Kemampuan untuk mempertimbangkan berbagai fenomena social yang timbul dalam kehidupan masyarakat, terlepas dan prasangkap rasangka subjektif.
  4. Kemampuan berpikir dalam melihat kecenderungankecenderUflgan arah perubahan pola-pola tingkah laku masyarakat atas sebab-sebab tertentu.
  5. Menjaga argumen yang logis dan hati-hati sehingga tidak terjebak dalam logika ideal. Secara jujur, perlu diakui bahwa prediksi sosiologi tidak setepat sebagaimana yang dimiliki ilmu-ilmu eksak. Akan tetapi, sosiologi mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam memprediksi dan menginterpretasi data yang menyangkut hubungan sebab-akibat dalam aspek-aspek kehidupan manusia.
BACA JUGA  Kerja Sama Interaksi Sosial Yang Bersifat Asosiatif Dalam Sosiologi

Meode-Metode Penelitian Sosiologi

Dalam penelitian sosiologi beberapa metode utama yang digunakan antara lain untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah ditetapkan sebelumnya.

Metode-metode tersebut antara lain sebagai berikut.
  1. Metode statistik, untuk menunjukkan hubungan dan pengaruh-pengaruh kausalitas. Dengan menggunakan tabulasi jawaban-jawaban responden dan pertanyaan yang diajukan, sudah dapat diketahui dan dapat disimpulkan baik secara kuantitatif maupun secara kualitatif.
  2. Metode eksperimen, digunakan untuk menguji pengaruh dan proses perubahan pada pola kehidupan masyarakat.
  3. Metode partisipasi, digunakan untuk penelitian tentang kehidupan kelompok yang tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan identitas peneliti.
  4. Metode studi kasus, digunakan untuk meneliti kebenaran peristiwap eristiwa tertentu, misalnya gerakan sekelompok mahasiswa, gerakan dan organisasi tertentu, gerakan buruh untuk menuntut kenaikan gaji, dan sebagainya.
  5. Metode survei lapangan digunakan untuk ‘memperoleh data yang tidak mungkin diperoleh dengan cara-cana lain. Metode mi digunakan apabila ingin mencari data yang hanya ada pada kehidupan masyarakat secana langsung. Penelitian im biasanya dilakukan dengan cara tertentu, seperti angket, wawancara langsung, atau dilakukan dengan cara observasi langsung.
BACA JUGA  Jenis Perairan Darat Air Tanah Dan Manfaatnya
Dari uraian-uraian di atas, tidak mengherankan kalau sosiologi banyak dilakukan oleh berbagai kalangan praktisi pihak-pihak swasta, pemerintab, dan peneliti dan disiplin ilmu lainnya.

Sumber Pustaka: Bumi Aksara