Pengertian Dan Tujuan Konsumsi Dalam Prilaku Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada
Loading...
Pengertian Dan Tujuan Konsumsi Dalam Prilaku Kehidupan Sehari-hari
Rate this post

Pengertian Dan Tujuan Konsumsi

Dalam kehidupan manusja sehari-hari, secara singkat konsumsi sering diartikan sebagai kegiatan memakai, menggunakan, atau memanfaatkan barang atau jasa. Dalam pengertian ekonomi, konsumsi diartikan sebagai kegiatan manusia mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis.
Anda tentu dapat membedakan mana barang yang nilai gunanya dihabiskan secara berangsur-angsur dan mana yang sekaligus. Sepatu, pakaian, televisi merupakan barang yang nilai gunanya dihabiskan secara berangsur-angsur, sedangkan minuman seperti Coca-Cola, Pocarj Sweat, dan Greensands nilai gunanya dihabiskan sekaligus. Demikian pula makanan seperti Pizza, ayam goreng McD, Spaghetti dan lainnya.

Tujuan Konsumsi

Kegiatan konsumsi yang dilakukan manusia secara umum bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya dan mencapai tingkat kemakmuran Namun, dengan adanya tingkatan/lapisan masyarakat yang berbeda-beda, tujuan konsumsi juga berbeda pula. Pada masyarakat tradisional yang ditandai dengan peradaban yang belum maju dan kebutuhan masih sederhana, kegiatan konsumsi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari guna mempertahankan kelangsungan hidup. Contohnya kehidupan masyarakat Baduy Da&zm di Daerah Leuwidamar Rangkas Bitung Provinsi Banten.
Pada masyarakat modern, tujuan konsumsi sudah berubah bukan hanya sekadar mempertahanJ hidup, tetapi lebih banyak diarahkan untuk kepentingan kesenangan dan prestise (harga din). Contoh konsumsi barang mewah atau shopping ke luar negeri.
Sumber Pustaka: Yudhistira
Loading...
BACA JUGA :  Pengertian Lemak Sebagai Sumber Energi Dan Fungsinya